Dapatkan notifikasi secara realtime dari kami dengan klik Disini Groub Telegram

Rekomendasi Camilan Sehat Bagi Kesehatan Tubuh ala Dokter

Rekomendasi Camilan Sehat Bagi Kesehatan Tubuh ala Dokter camilan sehat rendah kalori camilan sehat kekinian
Halo sahabat semua apa kamu sedang bertanya-tanya apa sih camilan sehat untuk kesehatan tubuh kita, nahhh kamu memilih artikel yang tepat untuk mencari tau itu, sebelum ke topik pembahasan nya kita harus tau dulu, camilan itu apa sih, apa sering ngemil ada sisi positifnya apa tidak, berikut ini ulasannya:

cemilan sehat murah

Apa Itu Camilan?

Camilan adalah Makanan ringan yang dikonsumsi dalam porsi kecil di antara dua waktu makan disebut dengan camilan. Banyak orang yang menganggap bahwa camilan menyebabkan obesitas, padahal camilan dapat membantu menjaga metabolisme tubuh selama jeda menuju jam makan utama. Untuk menghindari kenaikan berat badan yang tidak diinginkan, kita dapat memilih camilan yang sehat yang dapat membuat tubuh tidak kelaparan sebelum jam makan utama.

3 Jenis Camilan Sehat Bagi Tubuh

Secara umum, camilan dikaitkan dengan makanan yang manis, seperti kue, biskuit, es krim, atau kacang berondong. Namun, camilan seperti ini cenderung mengandung lemak dan karbohidrat tinggi dengan sedikit nilai gizi. Namun, ada banyak pilihan camilan sehat yang didapat dari sumber buah, sayur, kacang-kacangan, biji-bijian, serta produk olahan susu yang rendah lemak. Berikut beberapa contoh camilan sehat yang dapat Anda pilih, antara lain:

1. Buah dan Sayur

Mengonsumsi buah dan sayur dapat memberikan rasa kenyang tanpa banyak asupan kalori. Keduanya juga kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang dibutuhkan tubuh.

2. Kacang dan Biji-Bijian

Camilan yang terbuat dari kacang-kacangan dan biji-bijian dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama karena kandungan protein yang tinggi. Keduanya juga mengandung lemak tidak jenuh yang sehat untuk tubuh. Namun, pastikan untuk tidak mengonsumsi berlebihan karena tingkat kalorinya cukup tinggi.

3. Produk Olahan Susu Rendah Lemak

Keju, yoghurt, dan produk olahan susu lain merupakan sumber kalsium, protein, vitamin, dan mineral yang baik. Namun, untuk mendapatkan camilan sehat, pilihlah produk yang rendah lemak dan tanpa pemanis tambahan atau label rendah kalori.

Camilan yang terbuat dari biji-bijian utuh seperti oatmeal, kaya akan serat dan karbohidrat kompleks yang dapat memberikan energi yang cukup untuk tubuh. Menurut penelitian, makanan yang kaya serat diduga mampu menurunkan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kelebihan berat badan. Jika Anda tidak suka dengan rasa oatmeal yang hambar, Anda dapat mencampurkannya dengan kacang-kacangan untuk menambah rasa.

5 Rekomendasi Camilan Sehat Bagi Kesehatan

Beberapa camilan sehat yang cocok bagi orang yang memiliki pantangan makan atau mengidap kondisi tertentu adalah:

1. Buah Beri

Buah-buahan berjenis beri, seperti stroberi, cranberry, blackberry, dan blueberry, dapat memberikan manfaat kesehatan bagi penderita diabetes dan kondisi metabolisme lainnya. Hal ini dikarenakan buah beri kaya akan vitamin C, asam folat, serat, dan fitokimia antiinflamasi. Selain itu, buah beri, khususnya cranberry, dapat membantu mengatasi infeksi saluran kemih.

2. Sayur-Sayuran Berdaun Hijau Gelap

Sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam, brokoli, bok choy, dan selada gelap adalah salah satu rekomendasi camilan sehat. Ini karena jenis sayuran tersebut kaya akan vitamin, mineral, beta-karoten, vitamin C, folat, zat besi, magnesium, karotenoid, fitokimia, dan antioksidan. Selain dapat membantu dalam program penurunan berat badan, konsumsi sayuran berdaun hijau gelap juga baik bagi penderita diabetes.

3. Buah Jeruk

Secara umum, buah jeruk mengandung vitamin C, karbohidrat, potasium, folat, kalsium, thiamin/vitamin B1, Niasin/vitamin B3, Pyridoxine, dan berbagai vitamin lainnya yang baik untuk kesehatan jantung. Berdasarkan kandungan tersebut, buah jeruk juga dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, sehingga cocok untuk dikonsumsi oleh penderita hiperkolesterolemia.

4. Serealia Utuh

Serealia utuh seperti oatmeal, couscous, dan beras merah dikenal memiliki kandungan serat yang tinggi. Makanan yang kaya serat dapat membuat perut merasa kenyang lebih lama, sehingga dapat menurunkan risiko makan berlebihan. Namun perlu diingat bahwa terlalu sering makan malam atau mengonsumsi makanan secara berlebihan dapat menyebabkan naiknya asam lambung. Oleh karena itu, serealia utuh cocok dikonsumsi sebagai camilan sehat bagi penderita GERD.

5. Pisang

Selain memperkuat otot, pisang juga merupakan buah yang aman dikonsumsi untuk penderita hipertensi. Kandungan potasium pada pisang dapat mengurangi efek sodium dan menurunkan tekanan darah.

3 Manfaat Bagi Kesehatan Yang Hobi Ngemil

Ngemil sering diasosiasikan dengan masalah kegemukan, namun camilan memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Bukan hanya saat senggang, saat mengerjakan tugas atau bekerja, kita sering melakukannya sambil ngemil. Kebiasaan ini ternyata memiliki dampak positif, terutama jika camilan yang dikonsumsi kaya akan protein karena dapat meningkatkan kinerja otak.

Makan camilan juga dapat membantu mengontrol nafsu makan. Camilan akan membuat perut terasa kenyang dan mengurangi hasrat untuk makan. Ngemil juga dapat membuat pembagian kalori sepanjang hari lebih teratur sehingga berat badan lebih terkendali. Metabolisme juga menjadi lebih lancar sehingga lemak lebih mudah dibakar. Namun perlu diingat untuk memilih camilan yang kaya serat seperti buah atau puding.


Makan camilan saat bekerja juga dapat menjadi sumber energi yang membuat konsentrasi lebih fokus. Meskipun sering dianggap negatif, ngemil juga memiliki banyak manfaat. Namun perlu diingat untuk memilih camilan yang sehat dan tepat.

1. Mengontrol Nafsu Makan

Kebiasaan ngemil dapat mencegah dari makan berlebihan. Hal ini karena camilan dapat membuat perut selalu terisi sehingga nafsu makan yang diakibatkan oleh perut yang kosong berkurang. Selain itu, ngemil juga dapat mengontrol nafsu makan dengan mengonsumsi camilan seperti kacang-kacangan, buah atau puding yang kaya akan serat. Makanan yang kaya serat sangat baik untuk ngemil karena dapat mengontrol nafsu makan yang berlebihan.

2. Menjaga Gula Darah Tetap Stabil

Kebiasaan ngemil dapat membantu mengisi energi dan menjaga kadar gula darah saat melakukan aktivitas yang menguras energi. Hal ini bahkan dapat membantu penderita diabetes untuk menjaga kadar gula darah tetap normal. Namun, bagi penderita diabetes penting untuk memastikan bahwa camilan yang dikonsumsi adalah camilan yang sehat.

3. Mempertahankan Kecukupan Nutrisi Pada Waktu Tertentu

Mengonsumsi camilan sehat seperti buah segar atau kacang-kacangan dapat membantu mempertahankan asupan nutrisi penting bagi mereka yang mengidap kondisi tertentu seperti gangguan makan atau tidak dapat mengonsumsi makanan utama dengan porsi yang cukup. Ini juga bermanfaat bagi mereka yang tidak memiliki nafsu makan akibat penyakit atau pengobatan tertentu seperti kemoterapi.

Namun, perlu diingat bahwa asupan camilan yang berlebihan juga dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti kenaikan berat badan dan melewatkan waktu makan utama. Terlalu banyak mengonsumsi camilan yang tinggi garam, gula, dan lemak tetapi rendah nutrisi dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit. Oleh karena itu, penting untuk memilih camilan yang sehat, kaya nutrisi, dan dikonsumsi dalam takaran yang sesuai.

Tips Memilih Camilan Sehat Yang Sesuai ala Dokter

Pilih camilan yang rendah lemak, gula, tetapi tinggi serat dan air. Makanan yang tinggi serat akan membuat perut merasa kenyang lebih lama. Oleh karena itu, buah dan sayuran adalah camilan yang lebih sehat dibandingkan dengan keripik dan sejenisnya. Selain itu, pastikan untuk mengonsumsi camilan dalam jumlah yang sesuai.

Secara umum, konsumsi camilan yang menyediakan sekitar 200 kalori dan setidaknya 10 gram protein akan membantu perasaan kenyang sampai waktu makan berikutnya. Jumlah camilan yang dibutuhkan akan bervariasi berdasarkan tingkat aktivitas dan porsi makanan utama. Jika seseorang sangat aktif, mungkin dibutuhkan 2-3 camilan per hari, sementara orang yang lebih banyak duduk mungkin hanya membutuhkan satu kali ngemil per hari atau bahkan tidak perlu ngemil sama sekali.

Terimakasih sudah membaca, jika kamu ingin bertanya atau memberi pernyataan silahkan ke forum disqus yang telah kami sediakan, semoga bermanfaat !

Referensi : Halodoc.com

About the Author

Kamu tidak tahu apa yang ada di depan, jadi nikmati saat ini dan hargai setiap momen kehidupan yang kamu lalui.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
Sepertinya ada masalah dengan koneksi internet Anda. Silakan hubungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
Pemblokir Iklan Terdeteksi!

Harap matikan AdBlock atau DNS yang memblokir iklan agar dapat akses situs ini.

Butuh bantuan?

Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.